Sabtu, 12 Februari 2011

Tips marketing untuk bisnis rumahan Anda



Kesuksesan usaha rumahan Anda tak lepas dari peran penting marketing. Cara memasarkan produk atau jasa yang Anda jalankan dari rumah tidaklah sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Kegiatan memperkenalkan dan memasarkan produk tidak melulu membutuhkan biaya besar. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda jalankan.

  • Gunakan media sosial. Media sosial sangat berperan penting dalam memasarkan produk atau jasa Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya. Gunakan akun facebook dan twitter Anda, dan jika Anda punya waktu lebih, buatlah blog dengan memanfaatkan layanan blog gratis yang banyak tersedia.Pantau selalu perkembangannya dan aktiflah berinteraksi dengan sesama pengguna dan para pelanggan Anda.
  • Jadilah brand ambassador untuk produk Anda. Misalnya usaha Anda bergerak dibidang fashion, jangan ragu untuk memakai produk Anda sendiri sesering mungkin. Anda bisa mengambil beberapa pelajaran berharga dari 'The Joneses', di mana keluarga Joneses selalu memakai barang-barang yang memang sebenarnya barang jualan mereka dengan cara yang keren sehingga komunitas sekitar menganggap mereka sebagai trendsetter dan berlomba membeli produk-produk tersebut. Tidak perlu seekstrim film itu, tapi setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda ambil. 
  • Dari mulut ke mulut. Pelayanan Anda yang memuaskan akan bergulir cepat dari mulut para pelanggan yang puas dan bercerita ke banyak orang. Ingat, kualitas produk dan pelayanan Anda adalah alat marketing terbaik. Saat saya bekerja freelance sebagai instruktur bahasa Indonesia untuk orang asing, setelah mengajar beberapa bulan, saya berhenti beriklan karena beberapa calon murid datang dengan sendirinya, kebanyakan adalah keluarga, teman, atau rekan sekantor mantan murid saya yang merasa puas dan merekomendasikan saya.
  • Simpan kontak pelanggan Anda.  Anda bisa mengirimkan info produk-produk terbaru Anda lewat sms atau email kepada para pelanggan Anda, informasikan juga tentang penawaran khusus seperti diskon, cuci gudang, dan lain-lain. Yang tak kalah penting adalah menjaga hubungan baik dengan sekedar mengirimkan ucapan selamat hari raya kepada mereka. Pastikan sms atau email Anda singkat dan berisi, sehingga tidak mengganggu.
  • Kegiatan sosial. Jika perusahaan besar biasanya punya CSR (Corporate Social Responsibility), tidak berarti Anda tidak bisa melakukannya dalam skala kecil. Membantu orang lain selalu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika ini bisa menaikan citra usaha kecil milik Anda. Berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, ikut menyumbang kue produksi Anda untuk acara buka puasa di mesjid dekat rumah, atau memberikan les gratis untuk anak-anak tidak mampu di sekeliling tempat usaha Anda. 
  • Penawaran khusus. Saat menjelang hari raya misalnya, Anda bisa menawarkan harga khusus kepada pelanggan, apalagi bila membeli dalam jumlah banyak. Atau jika usaha Anda adalah di bidang jasa pendidikan, saat musim liburan tiba, Anda bisa menawarkan kelas kilat khusus liburan, diskon besar untuk anak yang memiliki ranking tertentu, dan lain sebagainya. Bentuk penawaran khusus lainnya bisa berupa beli satu gratis satu, bonus hadiah untuk pelanggan baru, dll.
  • Beriklan. Tidak perlu yang mahal. Iklan baris di koran lokal, atau menyebarkan brosur ke komplek perumahan adalah cara beriklan yang ramah dengan kantong Anda. 
Ingatlah, bahwa marketing harus menjadi bagian dari usaha Anda, bagian dari perencanaan Anda. Yang harus selalu dilakukan dengan teratur, dipantau dan dijaga dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar