Rabu, 01 Maret 2017

Mau Punya Mobil Buat Usaha? Kredit Saja!




RENCANA USAHA PETERNAKAN DAN MASALAH MOBIL UNTUK DISTRIBUSI
Beberapa bulan belakangan ini, saya dan suami, serta adik saya dan suaminya sedang menyusun rencana untuk menekuni usaha di bidang peternakan dan penjualan ayam. Semua masih dalam tahap perencanaan serta persiapan. Lahan sudah ada, kandang dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan sudah ada. Sumber Daya Manusia sebagian sudah ada. (Kapan-kapan nanti saya cerita juga di blog www.zataligouw.com soal ini, deh.)

Saat ini kami juga sedang memikirkan tentang distribusi ayam-ayam hidup tersebut dari Banten ke Jakarta dan sekitarnya. Hal ini lah yang masih menjadi salah satu pe-er kami. Kami tidak memiliki mobil khusus untuk membawa ayam-ayam hidup ini ke Jakarta nantinya. Pernah beberapa kali kami mengandalkan menyewa mobil pick up, namun rasanya, jika ingin menggeluti bidang ini secara serius, kami harus memiliki mobil-mobil pick up sendiri.

Untuk membelinya, dana kami belum ada, jadi yang terpikirkan tentu saja melakukan kredit mobil. Namun kendala yang terpikirkan adalah proses kredit mobil yang ribet apalagi beberapa dari kami bukan pegawai kantoran yang memiliki slip gaji.

TIPS KREDIT MOBIL YANG MENGUNTUNGKAN
Kebetulan sekali kemarin lusa, tepatnya tanggal 28 Februari 2017, Mobil123 mengundang saya dan beberapa rekan blogger untuk menghadiri acara di Tartine, FX Sudirman, Jakarta, yang bertema “Tips Kredit Mobil Yang Menguntungkan.”

Acara yang terselenggara atas kerjasama Portal Otomotif No.1 Mobil123.com dan MPM Finance ini seolah menjawab keraguan saya dan adik saya soal rencana pembelian mobil secara kredit untuk mewujudkan usaha peternakan ayam yang sedang kami bangun ini. 

"Kebetulan saya sedang tertarik dengan dunia usaha kecil, maka saya berusaha menggali informasi dari kacamata pelaku usaha kecil."


Tema pembahasan acara tersebut adalah mengenai kredit mobil secara umum dan banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini mengganjal di hati saya dan mungkin kebanyakan orang lainnya. Karena kebetulan saya sedang tertarik dengan dunia usaha kecil, maka saya berusaha menggali informasi dari kacamata pelaku usaha kecil.

ibu Betty dan pak Indra

Setelah acara dibuka oleh bapak Irwan Nurfiandi selaku Head Of Marketing dari Mobil123.com, acara dilanjutkan dengan ngobrol santai tapi serius soal kredit mobil bersama bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com bersama dengan Ibu Betty Anjarini dari perusahaan pembiayaan MPM Finance. 

Dalam kesempatan tersebut ibu Betty menyampaikan beberapa poin mengapa membeli mobil secara kredit bisa sangat menguntungkan bagi kita yang ingin mengambil kredit mobil untuk keperluan pribadi mau pun untuk kepentingan usaha.

  • Terasa Lebih Ringan merupakan poin yang pertama,di mana kita tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara sekaligus. Kita bisa membayar uang muka terlebih dahulu sebesar 20 % dan mencicil sisanya yang 80 % selama masa kredit yang disepakati. 
  • Cashflow Tetap Terjaga menjadi poin keuntungan yang kedua. Kita tidak perlu menghabiskan uang tabungan kita demi membawa pulang mobil impian. Kita bisa menggunakan sebagian uang untuk down payment, lalu sisanya bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya. Dengan cara itu banyak rencana yang bisa diwujudkan, tiak hanya bisa membeli mobil lallu selesai.
  • Sulit Menabung? Kredit Saja!. Poin yang ketiga adalah dengan kredit mobil bisa mempercepat tercapainya keinginan kita membeli mobil. Jika menunggu menabung dan uang terkumpul sejumlah harga mobil rasanya belum tentu semua orang bisa mewujudkan keinginan memiliki mobil dalam waktu cepat. Dengan memiliki dana minimal 20 % dari harga mobil, kita sudah bisa mengajukan kredit kepemilikan kendaraan roda empat ini.
Nah, poin nomor tiga kena banget ke saya. Saat ini saya ingin segera memiliki mobil pick up untuk mendukung usaha kami, namun jika harus menunggu uang terkumpul rasanya usaha kami malah akan terbengkalai karena beberapa hal sudah ada dan siap untuk beroperasi.

Saya dan teman-teman blogger di acara Mobil123 dan MPM Finance

BAGAIMANA MEMILIH PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG TEPAT
Lalu, jika sudah bulat memutuskan untuk kredit mobil, bagaimana cara memilih perusahaan pembiayaan yang tepat dan menguntungkan?. Mba Betty pun memberikan tips singkatnya.

Pilihlan perusahaan pembiayaan yang berpengalaman dan bereputasi baik. Selain itu pastikan bahwa perusahaan tersebut memberikan pelayanan yang baik. Pilihlah perusahaan yang mampu mmeberikan pelayanan yang baik kepada kita sebagai konsumen, bersikap sopan dan mampu mmeberikan penjelasan produk dengan baik meliputi besaran bunga, biaya administrasi, asuransi, dan lain sebagainya.

Memiliki cara pembayaran angsuran yang fleksibel juga menjadi syarat perusahaan pembiayaan yang bagus. Tentunya akan lebih mudah bagi kita jika bisa membayar angsuran kredit mobil lewat ATM, kantor pos, atau jaringan convenience store yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal kita. 

Hal lain yang wajib ada yaitu cover asuransi. Kendaraan yang kita beli wajib dilengkapi dengan asuransi selama masa kredit berlangsung. Perusahaan yang baik tentunya yang menydiakan hal tersebut bagi konsumennya. Pastikan kendaraan yang kita kredit dilindungi asuransi untuk menghindari kerugian-kerugian yang disebabkan oleh hal-hal yang tidak diinginkan misalnya hilang, berubah bentuk, mau pun kerusakan permanen pada body kendaraan.

Perusahaan pembiayaan yang baik adalah yang memiliki keamanan yang baik untuk penyimpanan BPKB kendaraan sehingga kita merasa aman selama masa kredit berlangsung.

CARA MEMPEROLEH PERSETUJUAN KREDIT
Sebelum membeli mobil secara kredit, pastikan beberapa poin di bawah ini sudah kita ceklis:
  • Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik
  • Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial kita
  • Pastikan mobil kita dilindungi oleh asuransi dengan skema comprehensive (all risk) selama masa pembiayaan
  • Pelajari isi perjanjian pembiayaan
Setelah semua hal di atas sudah terpenuhi, hal terakhir yang bisa kita lakukan adalah berusaha agar pengajuan kredit mobil kita disetujui. Lalu bagaimana caranya agar kita memperoleh persetujuan kredit?. Infografis di bawah ini merangkum semuanya ...


Nah, bagaimana? cukup jelas kan penjelasan mengenai cara kredit mobil yang menguntungkan?. Semoga bermanfaat, yaaa...

**********

29 komentar:

  1. Aku taunya mobil123 itu jual mobil bekas doang hihihihi :D
    Bagus juga ya ngasih kemudahan para pemilik UKM agar lebih memudahkan usahanya, harusnya lbh banyak nih yg kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul San, bisa mobil apa aja ternyata, sesuai kebutuhan..

      Hapus
  2. Sukses untuk usahanya ya Mbakk.. Semoga impian mobil pick upnya segera terwujud.

    BalasHapus
  3. Ya ampunnn... lengkap banget penjelasannya mbak zata, kebetulan kakak Ayu lagi cari2 mobil, mau info kah ke kakak. Makasih banyak Mbak Zata infonya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Ayuuu, seneng banget kalo artikel ini bermanfaat buat org lain juga :)

      Hapus
  4. Mudah2an lancar ya mba usahanya :D dan kebeli deh mobilnya

    BalasHapus
  5. Wah, moga lancar usaha peternakannya ya Mba, bisa segera punya mobil pick up buat mengangkut produk ternaknya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnn semoga tar bisa kredit lewat MPM finance yaaa :)

      Hapus
  6. poin terakhir (Pelajari isi perjanjian pembiayaan) ini yang penting, kadang kalo kita mau kredit, seperti rumah, motor, dll, suka ga dibaca sampe abis nih...

    btw, infografisnya mantep mbak. sederhana tapi cara penyampaiannya kena
    *jadi pengen belajar nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul mas, aku aja sering maen tandatangan aja tanpa baca detail karena kepanjangan, tapi katanya kalo MPM isi perjanjiannya lebih pendek dan mudah dimengerti..

      makasih ya mas dah mampir...

      Hapus
  7. Tulisan yang beda. Beli mobil untuk produktif, harusnya diikutin nih caranya buat yang mau ambil kredit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mas Yusep, doain yah.. untung sih dateng ke acara kemarin, jadi dapet banyak info dari Mobil123 dan MPM Finance :)

      Hapus
  8. Eh iya aku juga kepaikiran beli mobil buat usaha jasa juga mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk kredit buat usaha mba Lis, semoga lancar yaaa...

      Hapus
  9. beli mobil dengan cara kredit banyak untungnya juga ya mbak zata...bisa mengatur keuangan untuk keperluan yang lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul banget mba Tuty, bisa dipakai untuk kebutuhan lain jadinya..

      Hapus
  10. WWaaahhh ... ini ya usahanya :) Sukses terus ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinnn.. iya nih Tim, baru mau coba2 kecil2an, smoga tercapai...

      Hapus
  11. Kak ini blog barukah?yup emang sih sekarang pilihan memiliki satu investasi misal nda punya cash bisa dg jalan kredit. Asal membantu en menghasilkan aku pikir sah sah aja ayeeey

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ini blog lama, cuma karena khusus ngomongin usaha kecil, entreprenership, dll, jadi sesekali aja diapdetnya :)

      Hapus
  12. Eh mantap banget yaaa, aku selalu hormat pada pelaku ukm lho. Apalagi sampe udah mampu punya mobil walau kredit. Artinya kan visinya keren yak, btw sukses ya mbak zata utk usahanya ciaooo :)

    BalasHapus
  13. Kredit meringatkan buat usaha jg ya Mbak... :)

    BalasHapus
  14. mau disiplin nabung ah buat DP... biar halan-halan pake mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Yayat mah banyak yang bisa ditabung, hayuklahhh beli...

      Hapus
  15. Keren deh mau buka bisnis baru, semoga lancar yaa, Zata :)

    BalasHapus