Minggu, 17 Juni 2018

Kiat Maksimalkan Konten Blog dengan ASUS VivoBook A407


KONTEN ADALAH RAJA

Familiar dengan kalimat di atas?. Yes, sebagai seorang mamapreneur yang bergerak salah satunya di bidang pembuatan konten, saya setuju dengan pendapat content is the king, meski tak bisa dielakan bahwa setelah konten, banyak hal lainnya yang perlu dimaksimalkan juga demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Mengingat betapa pentingnya sebuah konten, saya pun sangat serius dalam proses pembuatannya. Saya juga perlu perangkat yang lebih canggih demi menghasilkan konten yang lebih baik, dalam hal ini saya ingin memiliki laptop yang mumpuni seperti ASUS VivoBook A407.

Sejak dulu saya adalah pengguna setia ASUS. Sudah beberapa kali pula saya mengganti laptop dengan merek yang sama. Saat ini saya menggunakan ASUS, namun saya mengidamkan ASUS VivoBook A407 karena laptop ini merupakan kombinasi sempurna antara keindahan dan kinerja serta didukung oleh prosesor Intel® Core™ i3 dengan RAM yang dapat diupgrade hingga 8GB dan NVIDIA® GeForce® MX110 graphics. 

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan penyimpanan besar 1TB HDD.  Whoaa, ideal banget, kan, buat bikin konten sekaligus buat hiburan...

Oke, kita akan bahas soal laptop idaman saya nanti, ya. Sekarang kembali ke soal kiat memaksimalkan konten. Selama ini saya merasa sudah cukup maksimal dalam usaha saya untuk menjadi content creator, salah satunya adalah dengan selalu mengerjakan konten-konten untuk blog saya secara total dan serius.

Sejak dulu saya memang sudah pakai ASUS.

PROSES KREATIF SAYA

Sebagai mamapreneur, blogger sekaligus seorang ibu dari 3 anak, proses kreatif saya dalam menciptakan konten blog tergolong berat. Jujur saja, untuk menghasilkan konten yang bagus, saya harus berjuang dan berkomitmen dalam membagi waktu buat keluarga, pekerjaan, serta ngeblog tentunya.

Biasanya, untuk menghasilkan satu konten blog dan vlog yang berkualitas saya melakukan tahapan-tahapan di bawah ini:

1. MENCARI IDE SERTA MENGEMBANGKAN IDE TERSEBUT
Saat sudah punya ide menulis atau membuat video, saya biasanya akan langsung mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah konten. Jika belum sempat menyelesaikannya, saya akan membuat draft terlebih dahulu, baik di buku catatan atau langsung di dalam blog.

Kadang-kadang saya perlu segera membuat konten blog karena sudah lama tidak menulis atau karena ada pesanan tulisan dari klien. Ada masanya saya mengalami writers block, tidak punya ide harus menulis tentang apa. Jika sudah begini, saya harus kreatif, mencari cara untuk mencari ide-ide segar demi konten yang maksimal.

Ada beberapa hal yang saya lakukan saat mengalami writers block, antara lain:
  • Pergi ke tempat yang indah. Tidak mesti yang jauh. Yang dekat rumah saja dan kalau bisa tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, misalnya jalan-jalan ke taman. Saya menyukai situasi yang sepi, segar, dan hijau. Rasanya saat sedang sendirian di sebuah taman, ide bisa mengucur dengan deras :)
  • Membuat 20 daftar ide atau judul tulisan dalam 10 menit. Jadi saya harus menuliskan apa pun yang terlintas di kepala saya dalam 10 menit tersebut. Setelah selesai, saya akan mencoret 10 di antaranya, lalu menyisakan 10 ide untuk saya tindaklanjuti. Hal ini terbukti cukup ampuh buat saya.
  • Blogwalking. Kegiatan ini, selain memunculkan ide-ide baru, juga bagus dalam mempererat tali silaturahmi sesama blogger. Saat sedang membaca tulisan teman tentang pengalamannya jalan-jalan ke luar negeri bersama anaknya yang masih balita lalu saya terpikir untuk membuat tulisan berjudul "Tips bepergian bersama balita dengan pesawat terbang," dst.
  • Me time. Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak, kadang kelelahan menjadi sesuatu yang biasa. Lelah fisik dan juga pikiran yang kadang membuat saya merasa buntu dalam menulis. Pergi ke salon selama setengah hari saat suami sedang libur dan bisa menggantikan menjaga anak-anak adalah salah satu me time yang secara berkala saya lakukan. Suami dan anak-anak pun senang karena saat pulang dari salon, mood saya membaik dan siap mengurus mereka kembali (dan blog saya tentunya, hehehe). If mama ain't happy, aint't nobody happy 💆
ASUS VivoBook A407 idaman saya ...


2. MEMBUAT DRAFT TULISAN
Saat ide tulisan sudah ada, poin-poin yang saya perlukan sudah terkumpul, saya akan langsung membuatnya menjadi satu konten utuh. Dalam proses membuat draft ini saya masih tergolong santai. Saya bisa melakukannya kapan saja, bahkan sambil menemani anak saya yang sedang bermain atau belajar. Risikonya saya memang 'terganggu' oleh mereka, namun tuntutan multitasking sebagai ibu membuat saya menjalaninya dengan enjoy. Setidaknya satu kali dayung dua pekerjaan terlampaui.

3. REVISI TULISAN
Saat draft sudah selesai, yang saya lakukan adalah membacanya berulang-ulang, biasanya bisa sampai lima kali. Saya akan mencari typo, merasakan flow tulisan saya, apakah enak didengar dan dibaca, apakah sudah sesuai EYD, perlukah ada yang ditambahkan, dan seterusnya sampai saya benar-benar puas dengan hasil tulisan tersebut.

4. SESI FOTO DAN VIDEO
Untuk mendukung hasil tulisan yang sudah final, saya akan membuat foto-foto dan kadang juga video yang menunjang isi artikel tersebut. Karena kesibukan sebagai ibu, saya melakukan sesi foto untuk beberapa artikel sekaligus. Bulan ini saya punya empat artikel penting yang memerlukan foto-foto yang bagus dan serius, saya akan meluangkan waktu khusus untuk itu. Misalnya di hari Sabtu, saat suami dan anak-anak libur, saya akan mengajak mereka jalan-jalan ke suatu tempat yang menarik untuk makan sekaligus mengambil stok foto.

Sampai di lokasi tujuan, kami makan dulu, lalu lanjut menikmati suasana sambil berfoto. Untuk artikel yang berkaitan dengan parenting, biasanya saya akan memakai anak-anak saya sebagai modelnya. Ada artikel tentang fashion yang kebetulan saya menjadi endorser salah satu brand pakaian, ya sayalah yang akan menjadi modelnya. Begitulah cara saya menyiasati mengerjakan blog secara profesional namun bisa tetap bersama keluarga.

5. EDITING FOTO DAN VIDEO
Setelah selesai sesi foto dan membuat video, saya akan memilah-milah mana yang akan saya pakai dalam artikel blog saya. Setelah mendapat foto yang sesuai, barulah saya akan mengeditnya. Untuk foto biasanya saya menggunakan aplikasi photoshop dan InDesign. Sedangkan untuk video, aplikasi yang saya gunakan adalah Vegas Pro. Dalam pengeditan saya banyak dibantu oleh suami serta anak pertama saya, abang Kenan.

Demi tampilan visual yang menarik kadang saya juga menggambar sendiri ilustrasi untuk judul artikel dalam blog saya lalu melakukan touch up di PC atau pun laptop.


Mengedit video menggunakan Vegas Pro dibantu oleh abang Ken :)


6. PROOFREADING
Sebelum menayangkan artikel dalam blog, saya akan membacanya sekali lagi, mengamati foto-foto yang disertakan serta menonton videonya.

7. PUBLISH & SHARE
Saat sudah yakin bahwa konten telah sesuai dengan keinginan, barulah saya berani menekan tombol 'publish' dan membagikannya di beberapa sosial media yang saya miliki.

Saya ingin apa pun yang saya publikasikan adalah sesuatu yang baik, benar, bagus, dan bermanfaat bagi orang lain sehingga saya tidak ingin main-main dalam pengerjaannya, apalagi jika saya ingin serius menjadi seorang blogger profesional.

PERANGKAT UNTUK MAKSIMALKAN KONTEN

Proses ngeblog saya seperti yang saya ceritakan di atas pastinya tidak akan lancar tanpa dukungan perangkat yang tepat. Seperti kita ketahui, ngeblog tidak melulu soal menulis tapi juga menciptakan konten visual yang menarik dan mendukung isi artikel.

Perangkat saya dalam ngeblog cukup banyak, mulai dari laptop, PC, kamera, smartphone, modem yang kencang, sampai buku catatan khusus untuk ide-ide konten blogging dan vlogging. Namun yang sangat penting dan tidak boleh tidak ada menurut saya adalah laptop, kamera, serta hape.

Tiga perangkat utama ini, selain internet yang kencang tentunya, harus selalu ada saat saya sedang ngeblog.

Dua perangkat paling wajib: laptop dan kamera yang mumpuni

KAMERA
Untuk keperluan ngeblog saya banyak memakai kamera mirrorless dan kadang memakai DSLR milik suami. Saya tidak punya kamera favorit, selama kamera tersebut bagus dan mudah digunakan, saya pasti menyukainya. Saat ini saya sudah cukup puas dengan kamera yang saya gunakan.

SMARTPHONE
Proses menciptakan konten kreatif saya pun tidak bisa terlepas dari gadget yang satu ini, smartphone.  Saat sedang berada di antrian saya bisa sambil menuliskan ide-ide yang terlintas di dalamnya. Saat ada momen menarik dan bisa menjadi konten yang bagus, saya langsung mengabadikannya dengan kamera smartphone. Hape yang bagus menurut saya adalah yang fotonya bisa cukup layak untuk dimasukan ke dalam blog. Saya, sih, naksir smartphone yang built for photography. 😁


LAPTOP
PC dan laptop adalah perangkat paling penting dalam ngeblog dan ngevlog. Saat ini saya sering menulis dengan laptop dan mengedit foto serta video di PC. Itu lah kenapa saya mengidamkan punya ASUS VivoBook A407 agar saya bisa melakukan semua kegiatan ngeblog dari mulai menulis, mencari data, mengedit foto, dan mengedit video lewat satu perangkat yang mudah dibawa dan memiliki penyimpanan yang besar.

10 ALASAN SAYA MENGIDAMKAN ASUS VIVOBOOK A407

Seperti yang saya tulis di atas, bahwa laptop yang saya butuhkan adalah laptop yang mampu bekerja dengan cepat, kuat, nyaman, ringan dibawa-bawa, memiliki penyimpanan yang besar serta mendukung saya sebagai seorang multitasker aka mama. Semua yang saya harapkan ada dalam laptop ASUS VivoBook A407.

Ada begitu banyak kelebihan laptop ini, berikut 10 alasan mengapa saya mengidamkannya ...

1. Take-anywhere Portability
Secara mobilitas, A407 sangat portabel dan beratnya hanya 1,5kg.
Ini adalah laptop harian yang membuat Anda tetap produktif dan terhibur - di mana saja.

2. Amazing Performance

A407 didukung oleh prosesor Intel® Core™ i3, dengan RAM yang dapat diupgrade hingga 8GB DDR4 dan NVIDIA® GeForce® MX110 graphics.
Laptop serba guna ini dapat melakukan tugas sehari-hari hingga untuk hiburan, laptop serba guna ini memiliki semua yang Anda butuhkan.

3. NanoEdge Display
Dengan bezel yang tipis hanya 7,1 mm dari rasio layar-ke-tubuh 73,8%, tampilan NanoEdge pada A407 memberi Anda layar yang lebih lebar untuk tampilan yang lebih imersif.

4. Stunning Colors and Stylish Finishes
A407 yang bergaya ini tersedia dalam tampilan brushed yang eye-catching dalam Star Grey dan Icicle Gold.

5. One-touch Access via the Fingerprint Sensor

A407 sangat nyaman dipakai karena dilengkapi sensor sidik jari untuk login cepat dan mudah dengan Windows Hello.
Fungsi pengenalan 360° meningkatkan akurasi pemindaian, bahkan jika tangan Anda basah. Tidak perlu mengingat dan mengetik kata sandi yang rumit, dan tentu saja tidak perlu khawatir dicuri.
Pemindaian cepat adalah semua yang diperlukan untuk login.

6. Enjoy New Worlds of Color and Pixel-perfect Video
Teknologi eksklusif ASUS hanya memastikan pengalaman visual terbaik. Teknologi pengoptimalan visual ASUS Splendid memberikan visual terbaik untuk semua jenis konten. 


Ini memiliki empat mode tampilan: Mode normal sangat ideal untuk tugas sehari-hari; Mode Vivid mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video yang menakjubkan; Mode Perawatan Mata mengurangi tingkat cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata; dan mode Manual memungkinkan penyesuaian warna yang dipersonalisasi. 


Teknologi ASUS Tru2Life Video mengoptimalkan secara cerdas setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras hingga 150% sehingga Anda akan menikmati kualitas gambar sebaik mungkin!

7. Fully Optimized Audio, Tuned by Experts
ASUS SonicMaster dan ASUS Audio Wizard memberikan perpaduan sempurna antara perangkat keras, perangkat lunak, dan penyetelan audio yang dirancang dengan tujuan memberi Anda pengalaman audio terbaik. 


ASUS SonicMaster menggunakan codec kelas profesional untuk memastikan pengkodean dan penguraian audio yang tepat, dan menggunakan amplifier, speaker besar, dan ruang resonansi yang sangat cocok untuk perangkat khusus Anda. 


ASUS Audio Wizard adalah perangkat lunak yang kuat yang membuatnya mudah untuk mencapai keseimbangan audio yang ideal untuk semua jenis konten. Ia juga menawarkan opsi pengaturan manual, sehingga Anda dapat mengontrol sepenuhnya bauran audio Anda untuk suara yang benar-benar imersif.

8. Stay Cool — even after hours of use
Pendinginan laptop sangat penting karena langsung memengaruhi pengalaman komputasi Anda. 


Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas yang cerdas, pipa panas tipis dan desain yang cerdas untuk menciptakan sistem pendinginan yang efisien yang menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36° C - lebih rendah dari suhu tubuh - sehingga Anda mendapatkan kinerja pendinginan yang kuat dan pengalaman pengguna yang nyaman.

9. A Safe Fast-charging and Longer-lasting bBttery
A407 menampilkan 3x masa pakai baterai lithium-ion standar.
Dengan teknologi pengisian cepat ASUS, baterai yang rendah dapat diisi hingga 60 persen hanya dalam 49 menit.

10. Larger Storage Capacities
Kombinasi sempurna antara keindahan dan kinerja, A407 yang penuh gaya didukung oleh prosesor Intel® Core™ i3 dengan RAM yang dapat diupgrade hingga 8GB dan NVIDIA® GeForce® MX110 graphics. A407 juga dilengkapi dengan penyimpanan besar 1TB HDD. Ini adalah laptop ideal untuk komputasi dan hiburan sehari-hari.


Spesifikasi ASUS VivoBook A407

Nah, sudah tahu kan sepuluh keunggulan laptop ASUS VivoBook A407 serta spesifikasinya yang keren banget ini?. Wajar, dong, jika laptop ini bisa membantu memaksimalkan konten blog kita. Dengan harga sekitar 6,5 juta, rasanya worth it jika laptop ini jadi 'alat perang' baru saya. Doain, yaaa... 

*******

2 komentar: