Ini Dia 5 Ide Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga | #MoneySmartMenginspirasi


Dear my fellow mamapreneur ...

Belum lama ini saya nongkrong dengan seorang teman lama di sebuah coffee shop dekat rumah. Kami ngobrol panjang lebar soal kabar sampai akhirnya soal usaha sampingan. Dia banyak bertanya pada saya soal bisnis sampingan apa yang cocok buat ibu rumah tangga seperti dirinya. Kami pun berdiskusi sampai lupa waktu (tapi nggak lupa keluarga, kok, hehehe...)

Beberapa hari kemudian saya mendapat tawaran menjadi pembicara di Kejaksaan Agung dengan tema soal "5 Ide Usaha Rumahan dan Cara Mempromosikannya", Wah, saya pun langsung mengumpulkan bahan, dari pengalaman pribadi, hasil diskusi panjang dengan teman sampai browsing dan melakukan riset kecil-kecilan.


Selama melakukan penelitian kecil-kecilan ini saya 'terdampar' di beberapa portal finansial yang menarik dan inspiratif, tapi kebanyakan portalnya berasal dari luar negeri dan berbahasa Inggris. Eh, tapi ada satu portal berbahasa Indonesia yang menarik perhatian saya, yaitu MoneySmart.id. Saya pun langsung mengeksplorasi isi portal tersebut.

Ada begitu banyak artikel di portal ini yang menginspirasi saya hingga akhirnya saya bisa mendapat bahan untuk presentasi sekaligus membuat artikel ini.

1. Membuka Kursus Online
Di dunia yang serba digital ini, banyak hal yang bisa dikerjakan secara online, termasuk memberi kursus.

Ada banyak kursus yang bisa kita berikan secara online, mulai dari kursus bahasa Inggris, kursus digital marketing, bahkan sampai kursus memasak sekalipun.

Ada kisah sukses yang bisa kita jadikan inspirasi, misalnya Dapur Lindawaty yang membuka kursus online memasak juga menjual e-book buku memasaknya. Kisah selengkapnya bisa dibaca di sini, ya.


2. Catering untuk Sekolah
Suka masak ? Ada sekolah di dekat rumah? Duh, itu sudah kombinasi yang bisa menghasilkan uang dari rumah. Di kebanyakan sekolah, terutama sekolah dasar swasta terpadu, biasanya menyediakan katering untuk anak didiknya yang kebanyakan pulang sekolah setelah jam makan siang.

Hal ini bisa kita jadikan peluang. Datangi saja sekolahnya langsung dan hubungi staff yang bersangkutan untuk mempelajari kemungkinan kita menjadi salah satu penyedia makan siang anak-anak di sekolah tersebut.

3. Jualan Online 
Jualannya di rumah aja dan kencengin jualan online, misalnya yang hobi nyambel dan terkenal sambelnya enak, kenapa nggak coba jualan sambel online seperti Sambal Bu Rudy yang terkenal banget itu?.

Atau punya hobi yang berbau fashion? jualan baju dan aksesoris online menjadi pilihan menarik.

Ada banyak e-commerce dan platform media sosial yang bisa kita gunakan secara gratis untuk berjualan online.


4. Make Up Artist
Punya hobi dandan atau bahkan dandanin orang? Wahhh, kesempatan banget ini, sih. Kamu bisa memulai usaha sampingan sebagai make up artist atau perias.

Saat ini bisnis MUA atau make up artist cukup booming dan banyak tersedia kursus singkat dan terjangkau yang bisa kita ikuti jika ingin memperdalam ilmu tata rias ini.

Profesi sebagai MUA bisa kita lakukan dari rumah saja, misalnya ada orang yang ingin dirias untuk acara wisuda, ke pesta bahkan pernikahan.

Saat ini biaya merias wajah kisarannya antara 150 ribu sampai jutaan rupiah. Menggiurkan, ya?

5. Blogger  
Suka nulis, suka? Punya minimal smartphone, lebih bagus lagi kalau punya laptop atau pun PC (personal computer) di rumah? Ya udah cukup banget ini untuk memulai sebuah blog.

Btw, ngomongin soal usaha sampingan sebagai blogger, salah satu cara mendapatkan penghasilannya adalah dengan mengikuti kompetisi blogger.

Nahhh, kebetulan ada kompetisi yang diadakan oleh MoneySmart, nih. Di bawah ini eflyer-nya, dan kalau kamu tertarik ikutan, jangan lupa isi formulirnya di sini, yaaa...



CARA MULAINYA GIMANA ?

1. Buka Situs Lowongan Kerja Freelance
Cari info lowongan kerja freelance yang bisa dilakukan dari rumah karena keberadaan situs lowongan kerja sangat berguna buat kita yang lagi cari sumber penghasilan. Mulai dari fresh graduate sampai ibu rumah tangga seperti kita.

Berikut 7 situs lowongan kerja freelance yang bisa kita 'kepoin' untuk mencari tambahan :

1. fastwork.id
2. LinkedIn Jobs
3. freelancer.co.id
4. Sribulancer
5. StudentJob
6. Ruangguru
7. iWriter 

2. Kursus Online
Salah satu syarat sukses adalah jangan pernah berhenti belajar. Sibuk di rumah mengurus keluarga dan nggak sempat keluar rumah untuk ikut kursus dan pelatihan?. 

Tenang aja, ada beberapa platform online di mana kita bisa belajar apa saja yang kita mau, beberapa dari platform tersebut bisa diakses secara gratis. Ada Coursera,  Khan Academy, Open Culture Online Courses, dan Udemy.

3. Cari Inspirasi di MoneySmart.id
Sudah pernah mampir ke portal keuangan nomor satu di Indonesia ini belum?. Dijamin kamu bakal nemuin ide-ide yang doable alias bisa dilakukan dan bukan sekedar teori.

Semoga usai membaca artikel ini para mama makin semangat untuk mengembangkan usaha sampingan masing-masing, yaa..

Eh jangan lupa juga untuk ikutan lomba blognya, yes .. Gutlak !

*****

2 komentar:

  1. Tahun 2007-2010 aku sengaja memanfaatkan blog (multiply) buat jualan baju menyusui (online), waktu itu belum ada media sosial. Terasa banget manfaatnya, pembeli bisa datang darimana aja, Jerman sekali pun :)

    BalasHapus